4 Sifat dasar manusia (manakah dirimu?)

Posted: November 9, 2017 in Bisnis

            Setiap manusia dianugrahi dengan karakter dan sifat yang berbeda, yah begitulah cara Allah SWT menjadikan berbeda agar kita saling mengenal satu sama lain, pasti sering kita temui disekitar kita mungkin itu tetangga atau rekan kerja dengan sifat dan karakter yang dimilkinya masing-masing, ada yang periang, mudah akrap dengan siapa saja, ada  yang cuek kurang peduli dengan lingkungannya, bahkan mungkin ada orang-orang yang sengaja menutup diri dari lingkungan. Kali ini saya akan membahas tentang tipe kepribadian seseorang, dari beberapa sumber yang saya dapat ternyata kepribadian seseorang itu dibagi menjadi 4 yaitu sanguinis, melankolis, koleris dan plegmatis. Pada masing-masing tipe kepribadian tersebut memiliki kekuatan dan kelemahannya. Nah untuk mempermudah kalian menemukan kepribadian kalian maka saya akan menggambarkan karakter karakter tersebut dengan beberapa jenis hewan, Oleh sebab itu, yuk simak beberapa penjelasannya berikut ini.

  1. Sanguinis (Murai yang ceria)

MP3-Suara-Burung-Murai-Batu-500x348

Ada beberapa karakter yang dimiliki oleh sang ekstrovert ini diantaranya cenderung populer dan disenangi banyak orang, hidupnya penuh dengan warna warni, biasanya cerewet dan orangnya terbuka dengan siapa saja, dia senang menolong orang lain tapi kurang bisa diandalkan, orang paling heboh tapi kalau sudah menangis bisa sampai tersedu sedu, cenderung berfikir pendek, hidupnya kurang teratur, susah berkonsentrasi dan cenderung pelupa, kalau suatu saat kalian nemuin teman yang kamar kosannya berantakan bisa jadi dia tipe Sanguis karna hidupnya cenderung kurang teratur dan kurang disiplin, tapi adaloh beberapa kelebihan orang sanguinis ini contohnya dia adalah pendengar yang baik, suka bicara, periang, hatinya tulus walaupun agak kekanak kanakan senang dipuji dan selalu ingin jadi pusat perhatian, mudah memaafkan dan bukan pendendam, dia suka akan hal hal yang sepontan. Kelemahan orang sanguinis adalah biasanya suka membesar-besarkan masalah, mudah dihasut dan dikendalkan orang lain, kalau lagi kerja awalnya aja antusias, padahal selalu melupakan kewajiban tapi banyak omong, kurang punya pendirian dan egois.

2. Melankolis (Angsa yang Anggun)

angsa

Ada beberapa karakter menarik yang dimiliki sang introvert ini, melankolis itu pribadi yang perfeksionis dia tipe pemikir tapi pesimis, hidupnya cenderung teratur, disiplin dan punya jadwal yang tersusun rapi. Beberapa ciri orang melankolis pada umumnya suka berurusan dengan data dan angka-angka, sangat mendalam dalam berfikir sehingga dia akan sangat berhati-hati dalam bertidak, dalam sebuah pertemuan orang sanguis akan cenderung lebih banyak berbicara berbeda dengan orang melankolis yang lebih suka menganalisis, memikirkan, mempertimbangkan dari pada memberi komentar, komentar yang ia sampaikan adalah hal yang sudah ia pikirkan secara mendalam. orang melankolis selalu segala sesuatunya ingin sempurna. Beberapa kelebihan orang melankolis diantaranya analisis yang mendalam dan penuh pemikiran, serius pada tujuan artistik dan kreatif, rela berkorban dia adalah orang yang pandai berhemat senang merinci sesuatu, puas di belakang layar dan menghindari perhatian, dia adalah pribadi yang setia pada pasangan dan romantis, mau mendengarkan keluhan, pengabdi yang setia dan sangat perhatian pada orang lain. Tapi kelemahan orang melankolis juga banyak dia akan cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan) mengingat yang negatif, mudah menyalahkan diri sendiri, kebanyakan waktunya dipakai untuk menganalisis dan merencanakan, tertekan pada situasi yang tidak sempurna dan berubah ubah, sulit untuk bersosialisasi, tukang kritik tapi sensitif kalau di kritik, sulit mengungkapkan perasaan, cenderung menahan kasih sayang.

3. Korelis (Singa yang garang)

Aslan

Koleris atau “Si Kuat” memiliki sifat yang ekstrovert, pelaku, optimis. Orang koleris senang dengan tantangan, suka berpetualang, tegas dan kuat. Apa saja ciri-ciri sifat koleris lainnya yuk simak ciri ciri korelis antara lain Suka sekali mengatur orang, Suka menunjuk atau memerintah orang Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya, bahkan tamu pun bisa saja ia `suruh’ melalukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy’ itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman Orang-orang akan berusaha menghindar dan menjauh agar tak jadi `korban’. Karakternya yang suka `ngatur’ dan tak mau kalah itu, Senang dengan tantangan, suka petualangan Tegas, kuat, cepat dan tangkas dalam mengerjakan sesuatu Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi…” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah. Kekuatan orang korelis yaitu Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif (Seorang Leader) Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target Bebas dan mandiri, Berani menghadapi tantangan dan masalah, Terdorong oleh tantangan dan tantangan, orientasi berfokus pada produktivitas Mau memimpin dan mengorganisasi. Kelemahan orang korelis diantaranya Tidak sabar dan cepat marah, senang memerintah, menyukai kontroversi dan pertengkaran, terlalu kaku dan kuat/ keras tidak suka bertele-tele, menghalalkan segala cara demi tercapai tujuan, cenderung memperalat orang lain, sulit untuk meminta maaf, banyak tuntutan pada orang lain, kalau kalian punya pacar korelis hati hati biasanya dia mudah selingkuh, pencemburu dan suka ngatur hehe

4. Plagmatis (Koala yang tenang)

rsz_koala-desktop-wallpaper-50909-52603-hd-wallpapers-1024x640

Pada umumnya orang plagmatis ini cenderung menghindari konflik karena itu disuruh apa saja mau sekalipun ia tidak suka, dia adalah tipe orang yang cinta damai pendiam dan menghindari masalah kalau terjadi masalah ia akan mencari solusi tanpa menimbulkan pertengkaran, ciri-ciri lain plagmatis yaitu Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya nggak terus berkepanjangan, cenderung diam, kalem dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangka, dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para plegmatis ini. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”. jadi kalau kamu punya rekan kerja plagmatis kamu harus rajin-rajin memotifasi sampai ia termotifasi dengan dirnya sendiri, beberapa kelebihan orang plagmatis antara lain Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana, simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi) baik di bawah tekanan, cenderung berusaha menemukan cara termudah orangnya humoris, mudah diajak rukun dan damai, kelemahan kurang antusias terhadap perubahan yang baru, menghindari konflik dan tangungjawb, keras kepala sulit diajak kompromi, lebih suka sebagai penonton daripada terlibat suka menunda-nunda pekerjaan

Nah tadi itu udah panjang lebar saya cerita jadi sudah jelas ya, bahwa semua tipe kepribadian itu pasti baik, tinggal kembali pada diri masing-masing kita hindari yang buruk dan belajar memperbaiki diri agar menjadi lebih baik lagi, solusi yang paling tepat menurut saya adalah,  kita harus bisa menguasai semua karakter tersebut, karena seseroang harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan pada saat itu, oleh karena karakter setiap orang itu berbeda, maka untuk menghadapinya butuh cara yang berbeda pula, perlu diketahui ilmu ini penting banget untuk tau karakter seseorang dengan begitu kita akan lebih mudah menyikapi atau memaklumi karakter seseorang karena memang sudah wataknya seperti itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s