TUGAS MERESENSI BUKU

Posted: Desember 14, 2012 in Tugas dan Makala

TUGAS MERESENSI BUKU MERETAS JALAN SURGA DENGAN BEKERJA
PEMBAHASAN
1.1 IDENTITAS BUKU :
meretas-jalan-ke-surga-dengan-bekerja

Judul Novel : Meretas Jalan Surga dengan Bekerja
Pengarang : dr Hanny Ronosulistyo,Sp.OG (K),. M.M
Kh. Aceng Zakaria
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Tahun Terbit : 2012
Tempat Terbit : Bandung
Tebal : 183 Halaman
ISBN : 978-602-84-5891-7

1.2 POKOK-POKOK ISI BUKU
Buku ini banyak membahas tentang kiat-kiat dalam bekerja sebagai sarana kita beribadah kepada Alloh SWT.Seringkali kita mengindentikkan bekerja dengan alas an penghasilan Padahal selain untuk mendapatkan penghasilan,bekerja mengandung banyak manfaat yaitu sebagai sarana ibadah. Dengan bekerja kita melaksanakan hubungan hablum min-Allah dan hablum min-annas sekaligus,sedangkan ibadahsendiri memiliki arti yang luas,yaitu segala aktivitas atau perbuatan yang diniatkan untuk mencari keridhoan Alloh.
Bab 1
Aplikasi islam, iman, dan ihsan
Sebagai seorang muslim dalam bekerja dan berkarya hendaknya tetap melaksanakan rukun islam,pertama yaitu syahahad, aplikasi dalam bekerja yaitu dengan berkomitmen kepada Alloh dan Rosulluloh bahwa bekerja untuk kepentingan dunia dan akhirat.Sehingga ibadah tidak terbatas pada ritual saja tetapi juga menyangkut hubungan dengan sesame dan apabila kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka segala aktivitas yang kita lakukan akan bernilai ibadah. Sholat mengajarkan kita untuk disiplin waktu, menghargai pemimpin,keteraturan dan tidak memperebutkan jabatan.Puasa mengajarkan kita untuk bekerja kerasa mengendalikan hawa nafsu (ego),peduli pada orang miskin, dan menjaga kesehatan.Zakat mengajarkan kita untuk berinvestasi harta kita dijalan Alloh SWT dan haji mengajarkan kita untuk melepas kesombongan demi perintah Alloh.Rukun Iman mengajarkan manusia untuk meneladani prinsip-prinsip rukun iman seperti Alloh sebagai tujuan, sifat jujur dan bertanggungjawab seperti malaikat,meneladani prinsip kepiminpinan Rosulluloh prinsip pembelajaran dalam kitabulloh,prinsip masa depan pada hari ahkir,dan prinsip keteraturan yang diajarkan oleh qada dan qadar yaitu dengan ikhlas dengan apa yang kita terima.Ihsan adalah aplikasi dari rukun islam dan rukun iman,sehingga dalam penerapannya akan melahirkan output berupa manfaat dan kemaslahatan didunia.
Bab 11
Rosulluloh Teladanku
Rosulluloh adalah suri tauladan yang baik, hendaknya kita meniru sifat-sifat yang dimilikinya seperti sifat kepemimpinan,lemah lembut,tegas,jujur,bertanggungjawab kepada umatnya,cerdas dalam bertindak, menyampaikan kebenaran dan masih banyak lagi sifat-sifat beliaun yang hendaknya kita jadikan cermin diri kita dalam bertindak dikehidupan sehari-hari. Alloh swt Telah menjadikan Rosulluloh sebagai figure panutan, melalui Rosulluloh Alloh mengajarkan kepada kita banyak hal untuk mencapan rahmad dan ridho-Nya.
Bab 111
Empat Prinsip Hidup Seorang Muslim
Pertama; Landasilah seluruh aktivitas hidup kita dengan Nawaitu Lillahi Ta’ala. nilai amal perbuatan kita itu tergantung pada niatnya.Bisa saja satu pemberian akan mendapat pahala bila diniatkan kepada Alloh, tetapi bisa saj pemberian itu mendapat dosa karena dengan tujuan untuk menyuap.
Kedua; Tingkatkanlah prestasi hidup kita,hendaknya kita mawas diri dan meningkatkan prestasi dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat untuk diri,keluarga, dan agama.
Ketiga; Cintailah yang lain seperti mencintai dirimu sendiri.Manusia tidak bisa hidup sendiri,dia membutuhkan bantuan dari orang lain, karena itu kita harus menyadari bahwa dibalik kelebihan seseorang ada kekurangan, jangan bertindak sewenang-wenang terhadap yang lain, karena siapa tahu dikemudian hari ia akan butuh bantuannya.
Keempat; Tinggalakan yang syubhat apa-lagi yang haram.Dengan meninggalkan yang haram,berarti tidak ada pihak yang dirugikan,dengan demikian akan tercipta keamanan,kedamaian dan ketentraman karena tidak ada yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.
Bab 1V
Tiga Klasifikasi Perintah
1. Ada perintah untuk kepentingan memerintah, sedangkan yang diperintah tidak mendapatkan keuntungan apa-apa contonya, seorang bapak yang memerintah anaknya mengambilkan air minum, perintah ini untuk kepentingan bapaknya sedang anaknya tidak mendapatkan apa-apa.
2. Perintah untuk kepentingan dua belah pihak,misalnya seseorang mempunyai sawah kemudian menyuruh orang lain untuk menggarapkannya,perintah ini untuk kepentingan bersama yaitu pemilik tanah ingin mendapatkan hasilnya dan penggarap mengharapkan imbalan dari hasil kerjanya.
3. Perintah untuk kepentingan yang disuruh sedangkan yang menyuruh tidak mendapat apa-apa, seperti seorang ibu menyuruh anaknya untuk mandi,perintah ini untuk kepentingan anaknya sedangkan ibunya tidak mendapatkan apa-apa.
Bab V
Memangku Jabatan
Sesungguhnya banyak ragam profesi keahlian dan kemampuan manusia, ada yang menjadi petani, pedagang, insinyur, dokter,PNS,TNI dan jabatan lainnya, hakikatnya semua itu adalah anugrah dari Alloh SWT. Manusi dengan ragam jabatan, posisi, akan diminta pertanggungjawabannya,semakin tinngi jabatan seseorang maka semakin tinggi juga tanggungjawabannya.
Bab V1
Menjadi Pemimpin Berhadiah Surga
Jabatan adalah peluang untuk beramal sholeh dan pelayan umat, jika pemimpin memegang dua konsen ini, maka tidak akan ada pemimpin yang angkuh atau sombang,dan pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa membangun,mendidik, membimbing kaum atau bawahannya serta mempedulikan halal dan haram dari pekerjaan itu.Pemimpin yang berhadiah surge itu ialah pemimpin yang menghindari Suap menyuap,korupsi dan tidak bertindak zalim dan mengaplikasikan rukun islam serta rukun iman dalam masa jabatanya.
Bab VII
Menjadi Karyawan Membangun Surga
Hidup kita semuanya adalah ibadah, pekerjaan apapun yang kita lakukan akan bernilai ibadah bila niat kita karena Alloh SWT. Ini berarti peluang meraih pahala banyak sekali tidak hanya sholat dan shaum saja. Kita hendaknya sadar bahwa dibalik jabatan itu ada tanggungjawab yang berat yang harus dipertanggungjawabkan di hari akhir. Rezeki itu Alloh yang mengatur dan setiap manusia diberi potensi masing-masing untuk melaksanakan tugasnya.
Bab V111
Menjadikan Kerja Sebagai Ibadah
Tujuan diciptakan manusia adalah untuk mengabdi kepada Alloh,Alloh tidak membutukan sholat kita,doa kita ataupun ibadah kita yang lain, melaikan kita yang butuh Alloh yang Maha pemberi. Tidak pernah beribadah dan berdoa kepada Alloh berarti kita sombong dan tidak mensyukuri apa yang telah Alloh berikan kepada kita.Sebagai seorang muslim hendaknya kita menjadikan Al-Quran dan Al-Hadis sebagai pedoman.Pedoman dalam bekerja dan menjalani aktifitas sehari-hari.Menjadikan kerja sebagai ibadah artinya menghadirkan Allloh disetiap pkerjaan yang kita lakukan.Banyak orang yang khawatir apabila memasuki usia pensiun, mengingat fisik yang lemah,gaji berkurang sementara kebutuhan tetap ada,harusnya kita lebih bersyukur karena kita lebih beruntung dibandingkan rakyat biasa yang miskin yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya,usia pension hendaknya menjadi momen kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
1.3 PENILAINAN ISI BUKU
KEUNGGULAN ISI BUKU :
Buku ini memiliki keunggulan dari segi bahasanya yang lugas dan mudah dimengerti,sehingga pembaca mudah untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh pengarang.Poin-poin penting dalam buku ini disampaikan dalam bentuk cerita sehingga tidak membuat bosan pembacanya.
KELEMAHAN ISI BUKU :
Kelemahan buku ini adalah Pembaca hanya dikhususkan pada orang-orang yang bekerja, sehingga bagi mahasiswa atau orang yang tidak bekerja kurang berminat untuk membaca buku ini.
SARAN-SARAN TERHADAP BUKU INI :
-Agar pengarang lebih banyak menambahkan penjelasan mengenai poin-poin penting dalam buku ini.
Memperbaiki judul dan mengubah sedikit isi buku agar dapat diterima oleh semua kalangan .
MANFAAT ISI BUKU :
Buku ini sangat menarik untuk dibaca,karena didalamnya banyak berisi nasehat dan penjelaskan tentang kiat-kiat menjadikan pekerjaan sebagai sarana Ibadah untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat yang berdasarkan alquran dan Hadis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s