Oke gengs Kita pernah gak berfikir selama ini keahlian apa saja yang  udah kita kuasai, di era modern seperti ini keterampilan sangat diperlukan guna menunjang pendidikan kita, pendidikan aja sekarang ini gak cukup untuk bersaing di era globalisasi seperti ini, minimal kita harus mempunyai beberapa ketrampilan yang bisa diterapkan nanti saat di dunia kerja, umumnya sekarang ini banyak dari kita yang kurang perhatian pada pengembangan diri, banyak dari kita lebih mementingkan sekolah tinggi dari pada mengasah bakat dan ketrampilan, oiya setau saya ketrampilan itu dibagi menjadi 2 , softskill dan hard skil,

Softskill adalah suatu bakat yang dimiliki seseorang yang telah ditanamkan sejak kecil sehingga menjadi bentuk perilakunya sehari hari, softskill lebih identik dengan kecerdasan emosional seseorang ( Emotonal Intellegence Quotient ) Softsklil  juga bisa dikatakan sebagai perilaku seseorang dalam bertutur kata,dan berprilaku, contoh realistisnya kalian pernah gak ketemu dengan seseorang yang mahir banget dalam berbicara, mudah bergaul dan selalu aja bIsa bikin orang yang denger kata-katanya langsung tertarik sama dia, nah orang-orang seperti ini yang dikatakan punya kecerdasan emosi yang baik,

contoh softskill lainnya misalnya seperti kemampuan seseorang dalam membangun hubungan,ketrampilan motivasi,kepemimpinan,negosiasi, dan presentasi, Sedangkan hard skill itu suatu kemampuan yang bisa kita dapatkan dengan cara terus di asah dan dilatih, waduh udah panjang lebar ya jelasinnya, jadi yang mau saya bahas disini tentang kemampuan hardskil yang wajib dimiliki buat kamu yang baru memasuki dunia kerja oke lansung aja

  1. Kemampuan berbahasa asing

tips-belajar-bahasa.jpg

Kemampuan ini penting banget, banyak perusahaan perusahan sekarang ini mencari kandidat karyawannya yang menguasai bahasa asing, banyak dari kita yang tidak suka belajar bahasa asing, dan taukah kamu dengan kemampuan kamu menguasai bahasa asing kamu akan mempunyai wawasan dan relasi pertemanan yang luas

  1. Kemampuan Mengoperasikan komputer

terlalu-sering-pakai-komputer-sebabkan-gangguan-pernapasan.jpg

Pekerjaan apapun sekarang dituntut untuk bisa menggunakan komputer, komputer sangat membantu manusia dalam meringankan pekerjaan pekerjaan manusia, untuk itu seseorang wajib menguasai beberapa program computer, seperti program pengolah kata maupun pengolah angka, yang sering kita jumpai seperti Microsoft word atau exel, tapi kalo saran saya  jangan Cuma itu aja yang kalian kuasai tapi tingkatin lagi ke program lainnya seperti program desain, atau editing photo, akan lebih baik lagi kalau kalian ngerti tentang desain web,rancang bangun atau editing video dan masih banyak sekali ketrampilan computer lainnya yang bisa kita pelajari

  1. Mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat

menyetir-mobil.jpeg

Mungkin ini kelihatannya sepele ya, namun manusia itu adalah makhluk yang mobilitasnya paling tingga,sehingga kalau kita mau kemana-mana pasti membutuhkan kendarann untuk mengantar kita, jadi kemampuan dalam mengendarai kendaraan ini sngat penting, terutama kendaran roda 4, kalau motor si udah biasa ya.

  1. Ketrampilan teknis

situs-untuk-belajar-shooting-video-kamera-dslr_00.jpg

Kerampilan teknis disini maksudnya adalah ketrampilan apa saja yang berguna untuk membantu meringankan dan memecahkan masalah seseorang misalnya seperti ketrampilan menggunakan kamera,mensetting computer, memperbaiki kendaraan yang mogok bahkan sampai ketrampilan dalam memasak dan masih banyak ketrampilan teknis lainnya yang bisa kita dapatkan dari kursus atau belajar dengan orang lainnya di bidang ahlinya

Oke mungkin itu saja beberapa kemampuan yang harus dimiliki seseorang ketika ingin bekerja, versi saya

 

Iklan

Assalamualaikum sobat, hari ini aku pingin sharing tentang apa itu Lembaga Dakwah Kampus atau sering kita singkat LDK, pasti buat kalian anak masjid udah ngak asing lagi karena biasanya di setiap kampus minimal biasanya ada 1 Lembaga dakwah ini, Lembaga Dakwah Kampus adalah wadah untuk para mahasiswa belajar mengenal agama islam lebih dekat di lingkungan kampus, Lembaga ini penting adanya karena karena mempermudah mahasiswa dalam membentengi dirinya sendiri. Mengapa demikian??? sebab dunia perkuliahan itu merupakan dunia yang rentan dengan hal-hal yang negativ, untuk mensiasatinya yaitu kita tidak boleh jauh dari yang namanya agama dan harus selalu melaksanakan ibadah kepada ALLAH SWT. di sinilah kita mengetahui pentingnya lembaga dakwah kampus., selain itu LDK juga berguna untuk melatih diri dalam hal berorganisasi, karena kita tahu seorang mahasiswa tdak hanya butuh ilmu yang ia dapatkan dikampus melainkan harus mengembangkan diri, melatih kemampuannya dalam bersosialisasi dan memecahkan masalah, disini kita juga bisa menyampaikan aspirasi kita baik itu berhubungan dengan hal agama maupun mengenai hal-hal lain yang mungkin bisa didiskusikan secara bersama.

IMG_8082.JPG

Dengan adanya LDK ini Insyallah mahasiswa akan bisa membentengi dirinya dari hal-hal negative disekitarnya,karena kita disini akan selalu di ingingatkan dan mendapatkan banyak sekali bekal ilmu agama, indah sekali rasanya bila sesesama muslim saling mengingatkan saudaranya dijalan kebaikan, seperti pengalaman saya di kampus, selama ikut lembaga ini saya meraskan betapa indahnya ukhuwah islamiah yang tidak bisa saya dapatkan di tempat lain, sahabat sahabat terbaik yang selalu mengingatkan ketika kita sedang salah jalan, merangkul dan membantu kita saat sedang bersedih, dan disini tidak hanya soal ilmu agama saja yang kita soroti, melainkan banyak hal khusunya tentang kegiatan-kegiatan mahasiswa, ataupun informasi-infornya yang sedang hangat di kampus, jadi jangan pernah berfikir bahwa anak-anak LDK itu kaku yaa, kita bisa tetap have fun kok, bergaul dengan mahasiswa lainnya dan gak pernah membatasi hobi mereka, banyak teman-teman saya di LDK ini yang punya hobi keren tapi mereka tetap punya pandangan positif tentang islam, dan alhamdulialh berhubung saya juga  adalah alumni LDK kini terasa sekali manfaat yang saya rasakan hingga sekarang walaupun sudah tidak di kampus lagi.

 

Apa yang terlintas pertama kali di benak anda bila mana mendengar nama kota ini “BOGOR” Banyak yang bilang kota ini salah satu kota paling macet, ada juga yang bilang kota yang suka ngasih kiriman banjir ke jakarta, apa lagi yaa, bisa dibilang kota seribu angkot juga karena banyak banget angkot disana sampe kalian bingung sendiri pilih angkot yang mana, yang paling sering kita denger sii julukan kota ini adalah kota hujan, kenapa ? karena hampir tiap hari ujan terus disana sampe sampe jemuran anak kosan gak pernah kering, tapi di balik itu semua kota bogor kan kabupatennya punya daya tarik sendiri ketika kalian bertanya “di bogor tempat yang seru dan asik dimana si” udah lama saya jatuh cinta sama kota ini, oke deh langsung aja disini aku ngeriview beberapa tempat yang pernah aku kunjungi di bogor yang menurut aku sangat berkesan, ini hanya beberapa loh sebetulnya masih banyak tempat-tempat seru lainnya

  1. Kebun Raya Bogor (KRB)

large-kebun-raya-bogor-85ed6c6dec7ea19cfd66787802162be0.jpg

Siapa yang gak tau tempat ini Kebun Raya Bogor letaknya persis di jantung kota bogor, KRB ini masih satu komplek loh dengan Istana Bogor, dan museum zoology jadi kalo kalian kesini kalian bakalan dapet tiket masuk 2 tempat sekaligus KRB dan museum zoology, untuk harga tiket sekarang ini Rp.10.000 aja  kalo untuk istana bogor sendiri karena bukan tempat wisata jadi gak pernah di buka untuk umum di hari-hari tertentu aja seperti Ulang tahun kota bogor baru Istana Bogor ini akan open house, Sedangkan museum zoology itu sendiri isinya sepesimen hewan yang udah di awetkan dan itu berguna banget tu buat yang ingin belajar anatomi hewan secara langsung, jadi di KRB ini kalian bakal di suguhin pemandangan asri pohon-pohon besar padang rumput dan bunga-bunga cocoklah pokoknya buat yang mau pre-wedding, selain jalan-jalan sehat disini kalian jadi tau keanekaragaman hayati di negri tercinta kita ini, dan kalo beruntung, mungkin kalian bisa bertemu Bapak Jokowi yang biasanya setiap weekend beliau selalu sempetin waktu untuk joging disekitar KRB ini.

2. Jungle Land

harga-kini-jungle-land.jpg

Salah satu destinasi favorit selanjutnya disini, letaknya gak jauh kok masih sekitaran daerah sentul, disini kalian kalian bisa seru seruan naik wahana yang ekstrim disini hampir sama kayak Dufan si tapi ini lebih kecil, untuk harga tiket sendiri yaitu Rp.90.000 di hari biasa dan Rp.120.000 di hari libur dan wahana yang wajib di coba disini contohnya seperti discovery ini yang menurut aku paling ekstrim gimana gak ekstrim diwahana ini kamu akan di ayun disebuah bandul raksasa yang punya kemiringan 102 derajat, wahana ini pasti akan bikin kamu teriak kencang, adalagi Haunted Hause masuk kewahana rumah hantu satu ini emang beda karena di bumbui cerita sebuah keluarga yang mati secara mengenaskan dan tetap menjadi misteri tak terpecahkan sampai sekrang.

3. Curug Cilember

Curug-2-Cilember-1080.plus_.jpg

Bogor emang banyak banget curug disana salah satunya ya curug cilember, fyi ya menurut aku dari beberapa curug di bogor yang pernah aku kunjungi ya curug cilember ini yang paling bagus, keunikan curug disini yaitu punya 7 lapis air terjun, maksudnya gini dalam satu aliran sungai ada 7 air terjun yang indah, kalian jangan heran deh disini tempatnya sejuk dan  dingin banget cocok banget buat kalian yang seneng camping, tempatnya juga gak jauh, masih sekitar daerah mega mendung kawasan puncak bogor. harga tiket Rp.15.000

4. Pura parahyangan Agung

P_20150118_141757.jpg

 

Ini dia satu lagi tempat yang wajib kalian kunjungi kalo ke bogor, mungkin pura itu identik dengan wisata di Bali tapi gak perlu jauh jauh ke bali kalo ingin melihat pura yang cantik persis kayak di Bali kesini aja di desa warung loa kecamatan taman sari , nuansa bali kental banget disini, nuansa bali yang di kolaborasikan dengan latar belakang gunung salak menambah indahnya tempat ini, rasanya gak ingin pulang kalau sudah disini, harga tiket sendiri disini tentunya gratis tapi karena disini tempat ibadah jadi kalian gak boleh masuk ke dalam pura, lokasinya yang berada di kaki gunung salak membuat pemandangan ditempat ini begitu asri dan menyejukan mata.

5. Pasar Ah poong

Berwisata-Ke-Pasar-Ah-Poong-Sentul.jpg

Kalau tadi kita udah banyak bahas wisata alam di bogor, sekarang kita beralih ke wisata kuliner, buat kamu yang hobi jajan dan ngemil disini tempatnya, obyek wisata ini terletak di kawasan sentul Bogor, cocok buat keluarga yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan dengan liburan murah tapi tetap menyenangkan, Apa sih pasar Apoong itu disini banyak banget makanan jadi mirip seperti pasar apung di Bnjarmasin atau floating market di Lembang, namun bukan berarti harus makan di perahu loh yaa, disini banyak kedai-kedai foodcourd pada umumnya dan makanannyapun unik dan enak-enak, harga tiket disini GRATIS tapi kalau mau makan ya bayar.

Melawan lupa

Posted: Oktober 15, 2017 in Bisnis

Hallo gengs sory rasanya udah lama banget saya gak pernah nulis blog lagi, terakhir kali mungkin pas jaman awal masuk kuliah kali yaa, entah kenapa tiba-tiba aku kepingin nulis lagi setelah sekian lama, banyak sekali hal dan perubahan yang terjadi di kehidupan ku selama ini, cepat sekali rasanya baru kemarin aku lulus sekolah dan ternyata sekarang Masyaallah umurku sudah 23 th, dan selama itu pula banyak sekali cerita kehidupan yang aku alami, aku hanya menjalankan peranku seperti yang telah Allah gariskan jalan kehidupnya untukku, aku hanya tak ingin moment moment yang selama ini aku lewati hilang begitu saja, dan untuk itulah alasan kenapa aku disini, Jujur aja agak aneh rasanya ketika aku nulis lagi, agak kaku, bingung mikir dulu mau nulis apa bahasanya gak beraturan tapi gak papalah namanya juga sedang belajar,iya ngk ? Oke lanjutt mungkin lebih seperti curhat ya, jadi aku pingin ngreview cerita-cerita pas jaman kuliah sebelum aku dinyatakan lulus sebagai pengangguran di kampusku tercinta, mungkin gak terlalu penting banget buat kalian ya, tapi buat aku pengalaman itu sangat berharga dan mungkin suatu saat ketika aku inget dan baca tulisanku ini aku jadi senyum senyum sendiri ohh ternyata dulu aku seperti ini seperti itu, oke ini baru permulaan yaa tunggu post selanjutnya see you

Hijaukan Bogorku

Posted: Februari 16, 2013 in Bisnis

Kota bogor itu terkenal dengan namanya kota hujan,apa benar ya?? Memang si tapi itu “dulu”.Dulu hujan hampir setiap hari turun di kota ini namun sekarang hanya pada musin penghujan saja baru turun hujan. Bogor yang sekarang jauh banget keadaannya dibanding 20 tahun yang lalu kata Pak didik (dosen PKN IPB).Kalau dulu si katanya udara di Bogor itu masih sejuk dan dingin,sama seperti udara dipuncak kalau sekarang. Bahkan di ruangan yang tertutup sekalipun gak usah pakek AC juga udah dingin,hehe coba deh kalian main ke Kota seribu angkot ini, pasti panas dan banyak polusi, ya walaupun panasnya gak seperti kota Jakarta, tapi Bogor sebenarnya adalah kota kecil yang indah. Tau gak si kalau setiap tahunnya Bogor selalu disalahin tiap kali Jakarta banjir, gak bisa dipungkiri memang karena letaknya didataran tinggi gak salah kalau air sungai dari bogor larinya ke Jakarta. Tapi penyebab sebernnya adalah penggundulan hutan dan pembangunan villa-villa di puncak, gimana gak banjir lawong penyerapan airnya dibabat habis. Nah kita sebagai generasi muda khususnya di daerah sekitar bogor, wajib buat mengembaliin kota bogor seperti dulu lagi,kayak ngembalikan fungsi hutan,menjaga lingkungan,menghemat listrik, gak buang sampah sembarangan, pokonya segala sesuatu yang berhubungan dengan Go Green deh. Selain itu ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakuin kok misalnya
Gunakan waslap bukannya handuk kertas.
Berhenti menggunakan dapur plastik
Mulailah menggunakan produk ramah lingkungan seperti cuka, baking soda dan jus lemon untuk membersihkan sekitar rumah.
Jadilah sadar tentang jumlah kemasan, pembelian dalam jumlah besar
Jalankan mesin cuci mu menggunakan air dingin
Jika kamu mencuci piring dengan tangan, matikan keran saat kamu kembali menyabuni. Hati-hati dengan jumlah air yang Anda gunakan.
Ketika Anda menggunakan mesin cuci piring pastikan sudah diisi sampai kapasitas maksimum.
Menjaga keran tertutup sementara menyikat gigi.
Mempertahankan AC di 75 derajat nyaman sementara di rumah dan meningkatkan suhu 78 ketika meninggalkan rumah.
Matikan lampu di kamar saat tidak digunakan
Gunakan tas belanja reusable mu bukan kertas dari plastik
Gunakan depan dan belakang kertas sebelum daur ulang
Karena kelestarian bumi itu tanggujawab kita bersama, ayoo rame-rame kita hijaukan bumi, agar kelak anak cucu kita masih bisa merasakan indahnya dunia. Salam Go Green

Pelajaran Hidup

Posted: Desember 29, 2012 in Cuaca Hati

Semua itu pasti bisa terwujud, asal kita mau dan gak gengsi, gengsi itu yang bikin kita gak maju, jngan mau diatur ego kita, tapi kita yang harus ngatur ego itu, caranya Cuma 1 “Nekat” kalahinn rasa malu Loo,bebasin diri dari belenggu pikiran yang sellalu ngebuat lo pesimis, kan Lo belum nyoba kenapa harus pesimis,? kalo gak skarang kapan lagi brayy ? Tuhan itu gak ngrubah nasip hambanya kalau ia gak ngerubah nasipnya sndiri so kita udah dikasih kesempatn buat jadi lebih baik kenapa gak dimanfaatin ?

Jangan pernah sedih kalo musibah menimpa,jangan pernah sediih kalo ditinggl pacar,jngan pernah galau kalo pulsa kita abis, jangan pernah ngeluh kalo kita gak bisa makan enak hari ini,karna kita tau kita lebih baik dari pada orang-orang yang kurang beruntung diluar sana,harusnya kita bersyukur banyak orang yang stiap harinya masih susah untuk makan, kedinginan karna dia gak punya tempat tinggal, menangis karena gak punya keluarga yang menyayanginya, banyak orang yang hanya bisa terbaring kaku gak berdaya diranjangnya karena sakit,sedangkan kita hari ini masih bisa makan walau hanya dengan nasi putih,punya tempat tinggal,masih berkumpul dengan kluarga,dan diajuhkan dari sakit yang mendera. Sungguh besar nikmat Alloh yang diberikan pada hambanya,Maka nikmat manakah yang hendak engkau dustakan.

Sudah manusiawi kalau kesedihan itu datang, tapi apakah kita mau selamanya terpuruk dalam kesedihan, sobat apagunanya kita bersedih, hal yang sudah terjadi tak akan terulang lagi, waktu yang sudh lewat tak kan kembali , apa gunanya kita bersedih, justru itu akan menghancurkan masa depanmu, mengubur harapan dan impianmu, mengubur dalam dalam cita-citamu, apa gunanya kita bersedih gak ada manfaat sedikitpun yang kita dapatkan, orang yang bersedih atas masalalunya ibarat meratapi puing-puing bangunan yang hancur sedangkan ada istana megah dihadapannya namun ia tak menghiraukannya. Apakah engkau bisa mengembaliakan air hujan yang jatuh ke langit ketempat ia jatuh,apa engkau bisa mengembalikan bayi yang dilahirkan, kedalam rahim ibunya?, itu mustahil kawan, jadi untuk apa kita bersedih atas sesuatu yang sudah terjadi, simpan masa lalumu ditempat yang gelap lalu tutup rapat-rapat, dan jadikan masalalumu sebagai pelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

TUGAS MERESENSI BUKU

Posted: Desember 14, 2012 in Tugas dan Makala

TUGAS MERESENSI BUKU MERETAS JALAN SURGA DENGAN BEKERJA
PEMBAHASAN
1.1 IDENTITAS BUKU :
meretas-jalan-ke-surga-dengan-bekerja

Judul Novel : Meretas Jalan Surga dengan Bekerja
Pengarang : dr Hanny Ronosulistyo,Sp.OG (K),. M.M
Kh. Aceng Zakaria
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Tahun Terbit : 2012
Tempat Terbit : Bandung
Tebal : 183 Halaman
ISBN : 978-602-84-5891-7

1.2 POKOK-POKOK ISI BUKU
Buku ini banyak membahas tentang kiat-kiat dalam bekerja sebagai sarana kita beribadah kepada Alloh SWT.Seringkali kita mengindentikkan bekerja dengan alas an penghasilan Padahal selain untuk mendapatkan penghasilan,bekerja mengandung banyak manfaat yaitu sebagai sarana ibadah. Dengan bekerja kita melaksanakan hubungan hablum min-Allah dan hablum min-annas sekaligus,sedangkan ibadahsendiri memiliki arti yang luas,yaitu segala aktivitas atau perbuatan yang diniatkan untuk mencari keridhoan Alloh.
Bab 1
Aplikasi islam, iman, dan ihsan
Sebagai seorang muslim dalam bekerja dan berkarya hendaknya tetap melaksanakan rukun islam,pertama yaitu syahahad, aplikasi dalam bekerja yaitu dengan berkomitmen kepada Alloh dan Rosulluloh bahwa bekerja untuk kepentingan dunia dan akhirat.Sehingga ibadah tidak terbatas pada ritual saja tetapi juga menyangkut hubungan dengan sesame dan apabila kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka segala aktivitas yang kita lakukan akan bernilai ibadah. Sholat mengajarkan kita untuk disiplin waktu, menghargai pemimpin,keteraturan dan tidak memperebutkan jabatan.Puasa mengajarkan kita untuk bekerja kerasa mengendalikan hawa nafsu (ego),peduli pada orang miskin, dan menjaga kesehatan.Zakat mengajarkan kita untuk berinvestasi harta kita dijalan Alloh SWT dan haji mengajarkan kita untuk melepas kesombongan demi perintah Alloh.Rukun Iman mengajarkan manusia untuk meneladani prinsip-prinsip rukun iman seperti Alloh sebagai tujuan, sifat jujur dan bertanggungjawab seperti malaikat,meneladani prinsip kepiminpinan Rosulluloh prinsip pembelajaran dalam kitabulloh,prinsip masa depan pada hari ahkir,dan prinsip keteraturan yang diajarkan oleh qada dan qadar yaitu dengan ikhlas dengan apa yang kita terima.Ihsan adalah aplikasi dari rukun islam dan rukun iman,sehingga dalam penerapannya akan melahirkan output berupa manfaat dan kemaslahatan didunia.
Bab 11
Rosulluloh Teladanku
Rosulluloh adalah suri tauladan yang baik, hendaknya kita meniru sifat-sifat yang dimilikinya seperti sifat kepemimpinan,lemah lembut,tegas,jujur,bertanggungjawab kepada umatnya,cerdas dalam bertindak, menyampaikan kebenaran dan masih banyak lagi sifat-sifat beliaun yang hendaknya kita jadikan cermin diri kita dalam bertindak dikehidupan sehari-hari. Alloh swt Telah menjadikan Rosulluloh sebagai figure panutan, melalui Rosulluloh Alloh mengajarkan kepada kita banyak hal untuk mencapan rahmad dan ridho-Nya.
Bab 111
Empat Prinsip Hidup Seorang Muslim
Pertama; Landasilah seluruh aktivitas hidup kita dengan Nawaitu Lillahi Ta’ala. nilai amal perbuatan kita itu tergantung pada niatnya.Bisa saja satu pemberian akan mendapat pahala bila diniatkan kepada Alloh, tetapi bisa saj pemberian itu mendapat dosa karena dengan tujuan untuk menyuap.
Kedua; Tingkatkanlah prestasi hidup kita,hendaknya kita mawas diri dan meningkatkan prestasi dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat untuk diri,keluarga, dan agama.
Ketiga; Cintailah yang lain seperti mencintai dirimu sendiri.Manusia tidak bisa hidup sendiri,dia membutuhkan bantuan dari orang lain, karena itu kita harus menyadari bahwa dibalik kelebihan seseorang ada kekurangan, jangan bertindak sewenang-wenang terhadap yang lain, karena siapa tahu dikemudian hari ia akan butuh bantuannya.
Keempat; Tinggalakan yang syubhat apa-lagi yang haram.Dengan meninggalkan yang haram,berarti tidak ada pihak yang dirugikan,dengan demikian akan tercipta keamanan,kedamaian dan ketentraman karena tidak ada yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.
Bab 1V
Tiga Klasifikasi Perintah
1. Ada perintah untuk kepentingan memerintah, sedangkan yang diperintah tidak mendapatkan keuntungan apa-apa contonya, seorang bapak yang memerintah anaknya mengambilkan air minum, perintah ini untuk kepentingan bapaknya sedang anaknya tidak mendapatkan apa-apa.
2. Perintah untuk kepentingan dua belah pihak,misalnya seseorang mempunyai sawah kemudian menyuruh orang lain untuk menggarapkannya,perintah ini untuk kepentingan bersama yaitu pemilik tanah ingin mendapatkan hasilnya dan penggarap mengharapkan imbalan dari hasil kerjanya.
3. Perintah untuk kepentingan yang disuruh sedangkan yang menyuruh tidak mendapat apa-apa, seperti seorang ibu menyuruh anaknya untuk mandi,perintah ini untuk kepentingan anaknya sedangkan ibunya tidak mendapatkan apa-apa.
Bab V
Memangku Jabatan
Sesungguhnya banyak ragam profesi keahlian dan kemampuan manusia, ada yang menjadi petani, pedagang, insinyur, dokter,PNS,TNI dan jabatan lainnya, hakikatnya semua itu adalah anugrah dari Alloh SWT. Manusi dengan ragam jabatan, posisi, akan diminta pertanggungjawabannya,semakin tinngi jabatan seseorang maka semakin tinggi juga tanggungjawabannya.
Bab V1
Menjadi Pemimpin Berhadiah Surga
Jabatan adalah peluang untuk beramal sholeh dan pelayan umat, jika pemimpin memegang dua konsen ini, maka tidak akan ada pemimpin yang angkuh atau sombang,dan pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa membangun,mendidik, membimbing kaum atau bawahannya serta mempedulikan halal dan haram dari pekerjaan itu.Pemimpin yang berhadiah surge itu ialah pemimpin yang menghindari Suap menyuap,korupsi dan tidak bertindak zalim dan mengaplikasikan rukun islam serta rukun iman dalam masa jabatanya.
Bab VII
Menjadi Karyawan Membangun Surga
Hidup kita semuanya adalah ibadah, pekerjaan apapun yang kita lakukan akan bernilai ibadah bila niat kita karena Alloh SWT. Ini berarti peluang meraih pahala banyak sekali tidak hanya sholat dan shaum saja. Kita hendaknya sadar bahwa dibalik jabatan itu ada tanggungjawab yang berat yang harus dipertanggungjawabkan di hari akhir. Rezeki itu Alloh yang mengatur dan setiap manusia diberi potensi masing-masing untuk melaksanakan tugasnya.
Bab V111
Menjadikan Kerja Sebagai Ibadah
Tujuan diciptakan manusia adalah untuk mengabdi kepada Alloh,Alloh tidak membutukan sholat kita,doa kita ataupun ibadah kita yang lain, melaikan kita yang butuh Alloh yang Maha pemberi. Tidak pernah beribadah dan berdoa kepada Alloh berarti kita sombong dan tidak mensyukuri apa yang telah Alloh berikan kepada kita.Sebagai seorang muslim hendaknya kita menjadikan Al-Quran dan Al-Hadis sebagai pedoman.Pedoman dalam bekerja dan menjalani aktifitas sehari-hari.Menjadikan kerja sebagai ibadah artinya menghadirkan Allloh disetiap pkerjaan yang kita lakukan.Banyak orang yang khawatir apabila memasuki usia pensiun, mengingat fisik yang lemah,gaji berkurang sementara kebutuhan tetap ada,harusnya kita lebih bersyukur karena kita lebih beruntung dibandingkan rakyat biasa yang miskin yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya,usia pension hendaknya menjadi momen kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
1.3 PENILAINAN ISI BUKU
KEUNGGULAN ISI BUKU :
Buku ini memiliki keunggulan dari segi bahasanya yang lugas dan mudah dimengerti,sehingga pembaca mudah untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh pengarang.Poin-poin penting dalam buku ini disampaikan dalam bentuk cerita sehingga tidak membuat bosan pembacanya.
KELEMAHAN ISI BUKU :
Kelemahan buku ini adalah Pembaca hanya dikhususkan pada orang-orang yang bekerja, sehingga bagi mahasiswa atau orang yang tidak bekerja kurang berminat untuk membaca buku ini.
SARAN-SARAN TERHADAP BUKU INI :
-Agar pengarang lebih banyak menambahkan penjelasan mengenai poin-poin penting dalam buku ini.
Memperbaiki judul dan mengubah sedikit isi buku agar dapat diterima oleh semua kalangan .
MANFAAT ISI BUKU :
Buku ini sangat menarik untuk dibaca,karena didalamnya banyak berisi nasehat dan penjelaskan tentang kiat-kiat menjadikan pekerjaan sebagai sarana Ibadah untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat yang berdasarkan alquran dan Hadis