Hijaukan Bogorku

Posted: Februari 16, 2013 in Bisnis

Kota bogor itu terkenal dengan namanya kota hujan,apa benar ya?? Memang si tapi itu “dulu”.Dulu hujan hampir setiap hari turun di kota ini namun sekarang hanya pada musin penghujan saja baru turun hujan. Bogor yang sekarang jauh banget keadaannya dibanding 20 tahun yang lalu kata Pak didik (dosen PKN IPB).Kalau dulu si katanya udara di Bogor itu masih sejuk dan dingin,sama seperti udara dipuncak kalau sekarang. Bahkan di ruangan yang tertutup sekalipun gak usah pakek AC juga udah dingin,hehe coba deh kalian main ke Kota seribu angkot ini, pasti panas dan banyak polusi, ya walaupun panasnya gak seperti kota Jakarta, tapi Bogor sebenarnya adalah kota kecil yang indah. Tau gak si kalau setiap tahunnya Bogor selalu disalahin tiap kali Jakarta banjir, gak bisa dipungkiri memang karena letaknya didataran tinggi gak salah kalau air sungai dari bogor larinya ke Jakarta. Tapi penyebab sebernnya adalah penggundulan hutan dan pembangunan villa-villa di puncak, gimana gak banjir lawong penyerapan airnya dibabat habis. Nah kita sebagai generasi muda khususnya di daerah sekitar bogor, wajib buat mengembaliin kota bogor seperti dulu lagi,kayak ngembalikan fungsi hutan,menjaga lingkungan,menghemat listrik, gak buang sampah sembarangan, pokonya segala sesuatu yang berhubungan dengan Go Green deh. Selain itu ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakuin kok misalnya
Gunakan waslap bukannya handuk kertas.
Berhenti menggunakan dapur plastik
Mulailah menggunakan produk ramah lingkungan seperti cuka, baking soda dan jus lemon untuk membersihkan sekitar rumah.
Jadilah sadar tentang jumlah kemasan, pembelian dalam jumlah besar
Jalankan mesin cuci mu menggunakan air dingin
Jika kamu mencuci piring dengan tangan, matikan keran saat kamu kembali menyabuni. Hati-hati dengan jumlah air yang Anda gunakan.
Ketika Anda menggunakan mesin cuci piring pastikan sudah diisi sampai kapasitas maksimum.
Menjaga keran tertutup sementara menyikat gigi.
Mempertahankan AC di 75 derajat nyaman sementara di rumah dan meningkatkan suhu 78 ketika meninggalkan rumah.
Matikan lampu di kamar saat tidak digunakan
Gunakan tas belanja reusable mu bukan kertas dari plastik
Gunakan depan dan belakang kertas sebelum daur ulang
Karena kelestarian bumi itu tanggujawab kita bersama, ayoo rame-rame kita hijaukan bumi, agar kelak anak cucu kita masih bisa merasakan indahnya dunia. Salam Go Green

Pelajaran Hidup

Posted: Desember 29, 2012 in Cuaca Hati

Semua itu pasti bisa terwujud, asal kita mau dan gak gengsi, gengsi itu yang bikin kita gak maju, jngan mau diatur ego kita, tapi kita yang harus ngatur ego itu, caranya Cuma 1 “Nekat” kalahinn rasa malu Loo,bebasin diri dari belenggu pikiran yang sellalu ngebuat lo pesimis, kan Lo belum nyoba kenapa harus pesimis,? kalo gak skarang kapan lagi brayy ? Tuhan itu gak ngrubah nasip hambanya kalau ia gak ngerubah nasipnya sndiri so kita udah dikasih kesempatn buat jadi lebih baik kenapa gak dimanfaatin ?

Jangan pernah sedih kalo musibah menimpa,jangan pernah sediih kalo ditinggl pacar,jngan pernah galau kalo pulsa kita abis, jangan pernah ngeluh kalo kita gak bisa makan enak hari ini,karna kita tau kita lebih baik dari pada orang-orang yang kurang beruntung diluar sana,harusnya kita bersyukur banyak orang yang stiap harinya masih susah untuk makan, kedinginan karna dia gak punya tempat tinggal, menangis karena gak punya keluarga yang menyayanginya, banyak orang yang hanya bisa terbaring kaku gak berdaya diranjangnya karena sakit,sedangkan kita hari ini masih bisa makan walau hanya dengan nasi putih,punya tempat tinggal,masih berkumpul dengan kluarga,dan diajuhkan dari sakit yang mendera. Sungguh besar nikmat Alloh yang diberikan pada hambanya,Maka nikmat manakah yang hendak engkau dustakan.

Sudah manusiawi kalau kesedihan itu datang, tapi apakah kita mau selamanya terpuruk dalam kesedihan, sobat apagunanya kita bersedih, hal yang sudah terjadi tak akan terulang lagi, waktu yang sudh lewat tak kan kembali , apa gunanya kita bersedih, justru itu akan menghancurkan masa depanmu, mengubur harapan dan impianmu, mengubur dalam dalam cita-citamu, apa gunanya kita bersedih gak ada manfaat sedikitpun yang kita dapatkan, orang yang bersedih atas masalalunya ibarat meratapi puing-puing bangunan yang hancur sedangkan ada istana megah dihadapannya namun ia tak menghiraukannya. Apakah engkau bisa mengembaliakan air hujan yang jatuh ke langit ketempat ia jatuh,apa engkau bisa mengembalikan bayi yang dilahirkan, kedalam rahim ibunya?, itu mustahil kawan, jadi untuk apa kita bersedih atas sesuatu yang sudah terjadi, simpan masa lalumu ditempat yang gelap lalu tutup rapat-rapat, dan jadikan masalalumu sebagai pelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

TUGAS MERESENSI BUKU

Posted: Desember 14, 2012 in Tugas dan Makala

TUGAS MERESENSI BUKU MERETAS JALAN SURGA DENGAN BEKERJA
PEMBAHASAN
1.1 IDENTITAS BUKU :
meretas-jalan-ke-surga-dengan-bekerja

Judul Novel : Meretas Jalan Surga dengan Bekerja
Pengarang : dr Hanny Ronosulistyo,Sp.OG (K),. M.M
Kh. Aceng Zakaria
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Tahun Terbit : 2012
Tempat Terbit : Bandung
Tebal : 183 Halaman
ISBN : 978-602-84-5891-7

1.2 POKOK-POKOK ISI BUKU
Buku ini banyak membahas tentang kiat-kiat dalam bekerja sebagai sarana kita beribadah kepada Alloh SWT.Seringkali kita mengindentikkan bekerja dengan alas an penghasilan Padahal selain untuk mendapatkan penghasilan,bekerja mengandung banyak manfaat yaitu sebagai sarana ibadah. Dengan bekerja kita melaksanakan hubungan hablum min-Allah dan hablum min-annas sekaligus,sedangkan ibadahsendiri memiliki arti yang luas,yaitu segala aktivitas atau perbuatan yang diniatkan untuk mencari keridhoan Alloh.
Bab 1
Aplikasi islam, iman, dan ihsan
Sebagai seorang muslim dalam bekerja dan berkarya hendaknya tetap melaksanakan rukun islam,pertama yaitu syahahad, aplikasi dalam bekerja yaitu dengan berkomitmen kepada Alloh dan Rosulluloh bahwa bekerja untuk kepentingan dunia dan akhirat.Sehingga ibadah tidak terbatas pada ritual saja tetapi juga menyangkut hubungan dengan sesame dan apabila kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka segala aktivitas yang kita lakukan akan bernilai ibadah. Sholat mengajarkan kita untuk disiplin waktu, menghargai pemimpin,keteraturan dan tidak memperebutkan jabatan.Puasa mengajarkan kita untuk bekerja kerasa mengendalikan hawa nafsu (ego),peduli pada orang miskin, dan menjaga kesehatan.Zakat mengajarkan kita untuk berinvestasi harta kita dijalan Alloh SWT dan haji mengajarkan kita untuk melepas kesombongan demi perintah Alloh.Rukun Iman mengajarkan manusia untuk meneladani prinsip-prinsip rukun iman seperti Alloh sebagai tujuan, sifat jujur dan bertanggungjawab seperti malaikat,meneladani prinsip kepiminpinan Rosulluloh prinsip pembelajaran dalam kitabulloh,prinsip masa depan pada hari ahkir,dan prinsip keteraturan yang diajarkan oleh qada dan qadar yaitu dengan ikhlas dengan apa yang kita terima.Ihsan adalah aplikasi dari rukun islam dan rukun iman,sehingga dalam penerapannya akan melahirkan output berupa manfaat dan kemaslahatan didunia.
Bab 11
Rosulluloh Teladanku
Rosulluloh adalah suri tauladan yang baik, hendaknya kita meniru sifat-sifat yang dimilikinya seperti sifat kepemimpinan,lemah lembut,tegas,jujur,bertanggungjawab kepada umatnya,cerdas dalam bertindak, menyampaikan kebenaran dan masih banyak lagi sifat-sifat beliaun yang hendaknya kita jadikan cermin diri kita dalam bertindak dikehidupan sehari-hari. Alloh swt Telah menjadikan Rosulluloh sebagai figure panutan, melalui Rosulluloh Alloh mengajarkan kepada kita banyak hal untuk mencapan rahmad dan ridho-Nya.
Bab 111
Empat Prinsip Hidup Seorang Muslim
Pertama; Landasilah seluruh aktivitas hidup kita dengan Nawaitu Lillahi Ta’ala. nilai amal perbuatan kita itu tergantung pada niatnya.Bisa saja satu pemberian akan mendapat pahala bila diniatkan kepada Alloh, tetapi bisa saj pemberian itu mendapat dosa karena dengan tujuan untuk menyuap.
Kedua; Tingkatkanlah prestasi hidup kita,hendaknya kita mawas diri dan meningkatkan prestasi dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat untuk diri,keluarga, dan agama.
Ketiga; Cintailah yang lain seperti mencintai dirimu sendiri.Manusia tidak bisa hidup sendiri,dia membutuhkan bantuan dari orang lain, karena itu kita harus menyadari bahwa dibalik kelebihan seseorang ada kekurangan, jangan bertindak sewenang-wenang terhadap yang lain, karena siapa tahu dikemudian hari ia akan butuh bantuannya.
Keempat; Tinggalakan yang syubhat apa-lagi yang haram.Dengan meninggalkan yang haram,berarti tidak ada pihak yang dirugikan,dengan demikian akan tercipta keamanan,kedamaian dan ketentraman karena tidak ada yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.
Bab 1V
Tiga Klasifikasi Perintah
1. Ada perintah untuk kepentingan memerintah, sedangkan yang diperintah tidak mendapatkan keuntungan apa-apa contonya, seorang bapak yang memerintah anaknya mengambilkan air minum, perintah ini untuk kepentingan bapaknya sedang anaknya tidak mendapatkan apa-apa.
2. Perintah untuk kepentingan dua belah pihak,misalnya seseorang mempunyai sawah kemudian menyuruh orang lain untuk menggarapkannya,perintah ini untuk kepentingan bersama yaitu pemilik tanah ingin mendapatkan hasilnya dan penggarap mengharapkan imbalan dari hasil kerjanya.
3. Perintah untuk kepentingan yang disuruh sedangkan yang menyuruh tidak mendapat apa-apa, seperti seorang ibu menyuruh anaknya untuk mandi,perintah ini untuk kepentingan anaknya sedangkan ibunya tidak mendapatkan apa-apa.
Bab V
Memangku Jabatan
Sesungguhnya banyak ragam profesi keahlian dan kemampuan manusia, ada yang menjadi petani, pedagang, insinyur, dokter,PNS,TNI dan jabatan lainnya, hakikatnya semua itu adalah anugrah dari Alloh SWT. Manusi dengan ragam jabatan, posisi, akan diminta pertanggungjawabannya,semakin tinngi jabatan seseorang maka semakin tinggi juga tanggungjawabannya.
Bab V1
Menjadi Pemimpin Berhadiah Surga
Jabatan adalah peluang untuk beramal sholeh dan pelayan umat, jika pemimpin memegang dua konsen ini, maka tidak akan ada pemimpin yang angkuh atau sombang,dan pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa membangun,mendidik, membimbing kaum atau bawahannya serta mempedulikan halal dan haram dari pekerjaan itu.Pemimpin yang berhadiah surge itu ialah pemimpin yang menghindari Suap menyuap,korupsi dan tidak bertindak zalim dan mengaplikasikan rukun islam serta rukun iman dalam masa jabatanya.
Bab VII
Menjadi Karyawan Membangun Surga
Hidup kita semuanya adalah ibadah, pekerjaan apapun yang kita lakukan akan bernilai ibadah bila niat kita karena Alloh SWT. Ini berarti peluang meraih pahala banyak sekali tidak hanya sholat dan shaum saja. Kita hendaknya sadar bahwa dibalik jabatan itu ada tanggungjawab yang berat yang harus dipertanggungjawabkan di hari akhir. Rezeki itu Alloh yang mengatur dan setiap manusia diberi potensi masing-masing untuk melaksanakan tugasnya.
Bab V111
Menjadikan Kerja Sebagai Ibadah
Tujuan diciptakan manusia adalah untuk mengabdi kepada Alloh,Alloh tidak membutukan sholat kita,doa kita ataupun ibadah kita yang lain, melaikan kita yang butuh Alloh yang Maha pemberi. Tidak pernah beribadah dan berdoa kepada Alloh berarti kita sombong dan tidak mensyukuri apa yang telah Alloh berikan kepada kita.Sebagai seorang muslim hendaknya kita menjadikan Al-Quran dan Al-Hadis sebagai pedoman.Pedoman dalam bekerja dan menjalani aktifitas sehari-hari.Menjadikan kerja sebagai ibadah artinya menghadirkan Allloh disetiap pkerjaan yang kita lakukan.Banyak orang yang khawatir apabila memasuki usia pensiun, mengingat fisik yang lemah,gaji berkurang sementara kebutuhan tetap ada,harusnya kita lebih bersyukur karena kita lebih beruntung dibandingkan rakyat biasa yang miskin yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya,usia pension hendaknya menjadi momen kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
1.3 PENILAINAN ISI BUKU
KEUNGGULAN ISI BUKU :
Buku ini memiliki keunggulan dari segi bahasanya yang lugas dan mudah dimengerti,sehingga pembaca mudah untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh pengarang.Poin-poin penting dalam buku ini disampaikan dalam bentuk cerita sehingga tidak membuat bosan pembacanya.
KELEMAHAN ISI BUKU :
Kelemahan buku ini adalah Pembaca hanya dikhususkan pada orang-orang yang bekerja, sehingga bagi mahasiswa atau orang yang tidak bekerja kurang berminat untuk membaca buku ini.
SARAN-SARAN TERHADAP BUKU INI :
-Agar pengarang lebih banyak menambahkan penjelasan mengenai poin-poin penting dalam buku ini.
Memperbaiki judul dan mengubah sedikit isi buku agar dapat diterima oleh semua kalangan .
MANFAAT ISI BUKU :
Buku ini sangat menarik untuk dibaca,karena didalamnya banyak berisi nasehat dan penjelaskan tentang kiat-kiat menjadikan pekerjaan sebagai sarana Ibadah untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat yang berdasarkan alquran dan Hadis

1. PENDAHULUAN
1.1 Kata Pengantar
Tanaman semusim adalah tanaman yang dapat dipanen hanya sekali dalam satu musim tanam,contohnya adalah kangkung .Kangkung merupakan salah satu tanaman semusim yang sering ditanam di Indonesia, Kangkung disebut juga Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach. Berasal dari India yang kemudian menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara Afrika.Selain kandungan gizi dan protein yang tinggi yang terdapat di dalamnya,kangkung juga mudah ditanam karena tanaman ini mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap lingkungannya,harganya pun murah sehingga banyak disukai masyarakat.Tanaman ini cepat tumbuh,dan berumur pendek,kangkung dapat dipanen ketika berumur 3-4 minggu.
1.2 Latar Belakang
Pada mata kuliah Sistem Produksi Pertanian,mahasiswa Teknologi Manajeman Perkebunan (TMP) melakukan kegiatan budidaya tanaman semusim, Kegiatan akan dilakukan selama 4 minggu,mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapat tugas untuk menanam tanaman semusim yang berbeda dengan kelompok lain.Pada kesempatan tersebut kelompok saya mendapat tugas untuk menanam kangkung,Kegiatan yang dilakukan mulai dari pengolahan lahan,pembibitan,perawatan,pemupukan,pemberantasan gulma dan hama penyakit hingga pasca panen.
1.3 Tujuan
Tujuan dari kegiatan Budidaya tanaman kangkung adalah untuk mengetahui pertumbuhan tanaman kangkung dari cara pengolan lahan hingga pasca panen
2.METODE KERJA
2.1 Waktu dan Tempat
Kegiatan Budidaya tanaman kangkung dilakukan selama 4 minggu di Lahan Kampus Gunung Gede Institut Pertanian Bogor
.2.2 Alat dan Bahan
Alat : Bahan :
• Cangkul 1. Bibit kangkung
• Gembor 2. Air
• Tugal 3. Pupuk Kandang
• Koret 4. Furadan
• Tambang plastik 5. KCL
• Meteran
2.3 Metode Pelaksanaan
1. Mempersiapkan alat sebelum menuju lahan
2. Mendengarkan pengarahan dari dosen
3. Mengolah lahan dan membuat bedengan
4. Melakukan penyemaian bibit kangkung
5. Menyiram secara teratur pagi dan sore
6. Memantau pertumbuhan pada minggu pertama
7. Penjarangan dan penyulaman
8. Penyiangan gulma
9. Pemantauan pertumbuhan dan pemupukan
10. Pemberantasan hama penyakit
11. Panen dan pasca panen
3. HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil
3.1 Pembahasan
Pengolahan Lahan
Pembukaan Lahan
Sebelum diolah lahan yang akan digunakan dibakjak terlebih dahulu oleh pegawai kebun dengan traktor (bajak singkal dan rotary).Petak lahan pada tanaman kangkung dibuat dengan ukuran 5mx5m dengan jarak antar bedengan 50 cm. Jarak antar bedeng dibuat selokan dengan kedalaman 15-20 cm.Bedengan dibuat untuk kelancaran pemasukan dan pembuangan air yang berlebih dan untuk memudahkan pemeliharaan.
Pembibitan dan Penanaman
Persyaratan bibit kangkung
Bibit kangkung sebaiknya diambil dari tanaman muda beukur 20-30 cm,pemilihan bibit ini harus memperhatikan beberapa aspek yaitu lebar daun dan besar batang.Sedangkan untuk pemilihan benih diambil dari tanman kangkung yang tua,dipilih yang kering dan berkualitas paling bak

Teknik penanaman
Pemupukan Dasar
Setalah lahan dibajak kemudian digemburkan menggunakan cangkul dan tanah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Pembuatan lubang tanaman.
Mahasiswa membuat lubang tanam pada petakan yang sudah dibuat dengan jarak antar lariakan yaitu 20 m dan jarak tanam 10 cm (20cmx10cm). Kemudian menyiapkan 2 utas tali raffia bertanda jarak antar barisan 20 cm dan 2 tali raffia berjarak tanam antar baris 10 cm.

Penanaman
Membuat lubang tanam dengan tugal pada kedalaman 2-3 cm.Benih kangkung dimasukan lubang tanam yang sudah dibuat, 2 butir tiap lubang, diikuti dengan pemberian furadan 1 jimpit (5-7 butir).Tutup lubang dengan tanah gembur tipis-tipis sampai tertutup semua lubang.Setelah itu desiram menggunakan gembor.

Pemupukan dan Penyulaman
Pupuk dasar sesui anjuran (200 kg Urea,200 kg SP-36,dan 200 kg KCL per ha) diberikan pada alur pupuk yang dibuat tepat diantara barisan tanamn.
Penyulaman dilakukan pada saat 1 MST. Buat lubang tanam lagi pada tempat yang benihnya tidak tumbuh.Tanam benih seperti saat menanam.

Pemeliharaan Tanaman
Aspek penting dalam pemeliharaan adalah penyiraman,penyiagan dan penggemburan tanah,pemupukan susulan jika kondisi tanaman terlihat kekurangan unsure hara dan pengendalian hama penyakit.
1. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore,kecuali turun hujan dalam jumlah yang cukup.
2. Penyiangan dan penggemburan dilakukan 2 MTS selanjutbya tiap minggu dilakukan penyiangan dan penggemburan.
3. Pemupukan susulan berupa Urea dengan dosis 100 kg/ha diberikan pada 2 MTS.
4. Pengendalian hama penyakit (dengan pestisida) hanya disarankan apabila sangat diperlukan.
Pengamatan
Pengamatan daya tumbuh
Pada umur 1 MTS hitung benih yang tumbuh.Kemudian hitung presentase daya tumbuh benih,dan mengamati tipe perkecambahannya, apakah hypogeal atau epigeal.

Daya tumbuh : Jumlah benih yang tumbuh x 100%
Jumlah benih yang ditanam

Pengamatan pertumbuhan vegetative dan hasil
Pengamatan tanamn dilakukan mulai 2 MST pada jadwal praktikum di Kebun Gunung Gede.Pengamatan dilakukan pada peubah-peubah seperti tinggi tanaman,jumlah daun dan lebar daun.Untuk pengamatn dipilih dan dipasang ajir pada 10 tanaman contoh.

Pengamatan hama penyakit dan pengendaliannya
Mahasiswa mengamati gejala serangan oleh hama dan penyakit dan menentukan jenis hama atau patogennya.Melakukan pengendalian dan mencatat jenis pestisidanya,memahami jenis pestisidanya(insektisida,akarisida, dan lainya) formulasi (EC,WP,G), sifat kerjanya (sistemik,kontak,perut) dan prinsip-prinsip pemakaiannya.(perhitungan dosis,konsentrasi,volume semprot).

Pemanenam
Panen Kangkung dapat dilakukan beberapa kali,dapat dila.Cabut dan ikat setiap 10 batang kangkung yang dipanen.Timbang tiap bobot kangkung yang diikat,kemudian menimbang bobot total hasil panen.Dari hasil panen kemudian memperkirakan hasil panen kangkung per hektar.Tanaman yang berusia lebih dari 35 hari haris dipanen seluruhnya,karena jika tidak dipanen kualitasnya akan menurun.

Hari ini bener-bener sial

Posted: Desember 14, 2012 in Cuaca Hati

Ada yang mau gue ceritaain dikit,hari ini gue ngampus kayak biasa,cuma ada yang sepesial hari ini,apa itu?? kuliah pengganti…jujur saja saya gak suka sama kuliah pengganti,soalnya ngurangi jatah libur gue, yang harusnya gue bisa nyuci,beres-beres kosan, ngerjain tugas,semua tertunda gara-gara kuliah pengganti padahal waktu gue terbatas karena harus ngejar dead line, tapi kali ini emang gue yang salah,waktu itu mata kuliah sistem produksi pertanian,jadwalnya masuk kandang sapi dan gue telat gara-gara bangun kesiangan,pikir gue dari pada gak berangkat sama sekali mending gue telat, namun apa yang terjadi pemirsahhh ?? gue dicampakan dan diusir seolah-olah tu asdos gak menghargai usaha gue buat tetep berangkat,dan sapi-sapi dikandangpun hanya bisa nyengir sambil bilang ”hmmohhh” pergi aja lu. gue harus masuk lagi minggu depan bareng sama anak TMP A, disini yang bikin males masalahnya jadwal hari jumat itu bentrok sama mata kuliah yang laen, yaa mau gak mau gue harus ngorbanin 1 mata kuliah, untungnya masih ada temen gue yang baik mau ngisiin absen gue.Hari ini kejadian bener-bener dah gue disibukin sama jadwal yang gak jelas ini, karna gue juga pengen masuk kuliah pkn dan spp akhirnya gue sampe bolak-balik kekampus dan kekandang sampe 3 kali dan itu harus ganti baju,pake werpak lagi,ganti sepatu boot,dan itu ribet gue ogah nglkuin lagi,yaa walaupun gitu gue tetep mengakui kalo itu murni salah gue, tapi gak cukup sampe disitu penderitaannya,gue baru belajar dari wirausah dengan berjualan roti dan donat dikelas sama temen gue, awalnya sii seneng dan lancar-lancar aja, tapi begitu udah jalan seminggu gue mulai tu gak semangat lagi soalnya banyak temen-temen yang ngambil roti dan donat kagak bayar,karena banyak donat yang gue jual,makanya dibantuin sama riski,buat nyatete dan nagihin siapa aja yang belum bayar,dan begitu jam kuliah selesai,pada bubar tu temen-temen dan gue harus nyariin mereka satu-satu buat nagih duitnya, ujung-ujungnya gue gak dapat untung mlah nombokin,ini bener-bener gak beres,gue emang seneng sii jualan tapi gue gak bisa manajemennya itulah bodohnya gue,tapi gue ambil pelajaran dari hari ini. gue masih pengen belajar lagi,nyari strategi lagi yang pas buat jualan tapi gue ngerti sekarang ternyata nyari uang itu gak mudah,

Pacaran vs Ta’aruf

Posted: November 13, 2012 in Cuaca Hati

Mau sedikit syering aja nihh,kalo suruh milih antara pacaran sama ta’aruf mending milih mana ? kebanyak sii milih pacaran yaa, emang gak heran sii, jaman sekarang yang namany pacaran itu udah jadi hal yang biasa, gak ditaman, dijalan di moll,bioskop, dibawah pohon, hyoo ngapain itu dibawah pohon hehe, bawaannya pasti pengen gandengan teruss, kayak mau ilang aja tu pacarnya digandeng terus, apalagi buat yang jomblo aduuhhh nyiksa batin,gua tau kok perasaan lho, soalnya gue juga jomblo, tapi gak masalh si gue mau jomblo atau punya pacar skalipun,sama aja yaa walaupun gitu juga gue tetep sellu berdoa supaya dikirimin bidadari yang mau nancepin cintanya buat gue,sempet waktu itu diskusi sama temen sekosan gue tentang ta’aruf,ta’ruf itu artinya mempertemuakan dua insan yang tadinya belum saling kenal atau udah kenal sebelumnya untuk dijodohkan, dan kalo langsung cocok boleh langsung nikah, kebanyakn orang beranggapan kalo taaruf itu kurang baik, alasanya sii katanya ta’aruf itu kurang efektif, karena gak bisa kenal pasangan lebih jauh, kebanyakan orang lebih memilih pacaran buat mnjalanin hubungan yang lebih serius,padahal banyak lohh yang rumah tangganya sukses karena dulunya ta’aruf, dibandingkan orang yang pacaran bertahun-tahun pacaran,tapi rumah tangganya kandas ditengah jalan, kalo gue pikir-pikir gini, kenapa kebanyakan orang pacaran itu harus selalu tampill sempurna dihadapan pasangannya,yang ditunjukin cuma sifat-sifat baiknya aja lalu menutupi kekurangannya sebisa mungkin,yang cwe dandan abis-abisan kalo mau ketemuan, yang cwoo sok-sok’an punya duit mau nraktir cwenya padahal dia juga lagi gak punya duit, truss ujung-ujungnya berantem, ngambek-ngambekan, , beda ama ta’aruf yang sellu mengutamakan kejujuran, nahh dimasa ta’afuf ini kita bisa tau sifat-sifat dari calon pasangan kita,bisa dari bertanya ketemannya atau keluarganaya, kedua belah pihak kelurga juga harus saling terbuka supaya gak ada kekecewaan nantinya bagi kedua belah pihak,setelah kita tahu semua tentang calon pasangan kita selama beberapa bulan, bila saling cocok bisa langsung nikah gak ada ngulur-ngulur waktu buat pacaran kata pak ustad biar menghindarkan dari perzinahan, Setelah menikan baru pacaran. lohh kok pacaran ?? iya kata orang-orang yang pacaran setelah nikah itu rasanya lebih nikmat, selain tambah mesra, hubungan yang terjalin juga diridoi ALLOH SWT, Bukanakah Rosulluloh sudah mengajarkan kita untuk mencari jodoh itu semata-mata hanya karena ALLOH, dan Rosulluloh itu adalah sebaik-baiknya manusia yang pernah ada, dan hendaknya kita sebagai umatnya harus senantiasa menjalankan Sunnahnya, nahh dari sini gue jadi berfikir emang sii jodoh itu di tangan Tuhan,tapi akan tetap di tangan Tuhan kalau kita gak mencarinya,dan dalam mencari tulang rusuk yang telah lama hilang itu harus selalu sejalan dengan Rido-Nya😀, Lalu kembali pada diri kita sendiri mau milih jalan yang baik atau yang buruk tuu.

Kuliah sambil Bisnis

Posted: November 8, 2012 in Cuaca Hati

Lulus sekolah mau kemana ?? kuliah or kerja, kalo ditanya gitu ada sebagian diantara kita lebih milih kuliah,, yaiyalah siapa yang gak kepingin kuliah, tapi buat saudara kita yang kurang mampu, mungkin kuliah itu jadi hal susah untuk direalisasikan, faktor utamamnya faktor ekonomii alias kagak punya biaya, banyak temen-temen gue yang cuma gara-gara masalah ekonomi dia gak bisa kuliah, walaupun gue sendiri waktu itu pernah kepiran kalo kuliah itu ”gak penting” wktu itu gue kepiran kalo tanpa kuliahpun kita bisa sukses asal kita punya mental kita yang mau ”action” tapi engk untuk sekarang, gue jadi tau sebenernya kita kuliah itu untuk apa sii ?? gue gak mau nyalahin temen gue siii, tapi faktanya banyak mahasiswa yang kuliah cuma untuk hura-hura buat ngabisain duwit orangtuanya, disisi lain ada juga temen gue yang bener-bener serius kuliah karena cuma pingn ngejar target IP nya harus 4, mungkin karena gue gak masuk nomianisi orang pinter atau orang kaya kali yaa, jadi gak kepikiran nyampe kesitu🙂 buat gue kuliah itu ibarat ”sambil nyelem minuh pop ice” disamping gue harus mikirin indeks prestasi gue yang kadang kayak ombak sering pasang surut, disini gue juga belajar banyak hal, kayak cara begaul same orang-orang kece, sama temen-temen yang udah sukses duluan sebelum gue, belajar buat berfikir kreatif teoritis, lebih kritis menganalisis, pokoknya seuatu yang berbau fakta yang ilmiah, tujuan gue disini bukan cuma buat dengerin dosen ceramah terus dapet IPK yang memuaskan, gue pingin ngebanggain orangtua pake cara gue sendiri. Dan gue sadar diluarsana banyak lulusan Sarjana yang masih banyak nganggur nglontang nglantung cari kerjaan, oleh karena itu mulai gue pikirin tuu gimana caranya sebelum lulus nanti gue udah jadi orang sukses (dunia ahkirat) aminn … caranya dengan bisnis kecil-kecilan😀, bisnis tuu gak harus pakek modal kok,tergantung kita bisa ngelihat situasi disekitar kita misalnya gini ada tante2 yang jualan jajanan yang enak,kita tanyain tuu, boleh gak kalo kita jualin jajanannya dikampus tentunya nanti kita dapet komisi dongg, istilah kerennya jadi reseller dan jadi reseller tuu gak harus jajanan, misalnya sepatu atau baju,accecoris yang ngetren saat itu. walaupun hasilnya gak seberapa itu cukup ngelatih diri kita buat jadi pribadi yang lebih mandiri, seengknya bisa beli pulsa pakek duit sendiri😀, bisnis yang paling enak tuu lewat hobi, soalnya dengan hobi selain kita suka sama hal tersebut kita lebih enjoy ngejalin bisnis itu.